.

Thursday, February 2, 2017

Waktu Yang Paling Tepat Untuk Mengkonsumsi Berbagai Vitamin

Banyak yang menyarankan mengonsumsi suplemen pada waktu tertentu untuk membantu pencernaan dan asimilasi gizi. Hal itu memang benar, agar penyerapan vitamin atau suplemen menjadi lebih efektif dan tidak percuma. Untuk itu, sangat penting mengetahui kapan saat tepat mengonsumsi suplemen.

Pada malam hari, konsumsilah suplemen kalsium. Hal ini karena kalsium bekerja dan dibutuhkan tubuh pada malam hari. Selain itu, mengonsumsi kalsium bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak, karena proses penyerapannya oleh tubuh.
Selain kalsium, Anda juga membutuhkan magnesium. Jika suplemen kalsium juga mengandung magnesium, mengonsumsinya secara bersamaan adalah hal yang paling tepat. Meskipun, penyerapan magnesium lebih efektif saat siang hari.

Banyak jenis vitamin, yang penyerapannya paling baik dikonsumsi setelah makan. Vitamin tersebut adalah yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E dan K, karena membutuhkan lemak untuk penyerapannya. Jadi, segera konsumsi suplemen vitamin tersebut setelah Anda mengkonsumsi makanan berlemak. Namun jangan mengonsumsi vitamin setelah minum susu. Kecuali vitamin C dan D, karena keduanya ketika dikonsumsi bersama susu yang mengandung banyak kalsium justru akan meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.


Selain itu, jangan mengkonsumsi vitamin setelah meminum minuman yang mengandu kafein (teh & kopi), karena justru akan menghambat penyerapan vitamin apalagi jika mengkonsumsi vitamin D. Begitu pula jika mengkonsumsi vitamin yang mengandung zat besi. Jika dilakukan akan mengganggu penyerapan zat besi sehingga bukan tidak mungkin menimbulkan anemia.

Lalu, untuk vitamin C hanya bekerja selama beberapa jam dalam aliran darah. Untuk itu, konsumsi vitamin C perlu diulang setiap tiga jam agar mendapatkan hasil maksimal. Jadi, dosis suplemen vitamin C yang diperlukan tiap hari bisa dibagi tiga.


Untuk suplemen serat, paling tepat dikonsumsi pada pagi hari. Serat akan diserap usus dengan baik saat pagi hari karena usus bebas dari pekerjaan mengolah makanan. Hal yang penting untuk diketahui adalah serat dapat menyebabkan vitamin tidak terserap tubuh, karena berfungsi sebagai lapisan ke usus.
Untuk itu, konsumsilah vitamin sebelum Anda mengonsumsi serat. Untuk probiotik, sebaiknya dikonsumsi 20 menit sebelum makan. Karena, probiotik bisa membantu proses pencernaan.

Vitamin stimulasi seperti vitamin C, sebaiknya jangan dikonsumsi sebelum tidur, karena akan membuat Anda justru terjaga.
Jika Anda mengonsumsi banyak suplemen, sebaiknya simpan dalam kotak berbeda. Sertai keterangan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Letakkan suplemen yang sebaiknya dikonsumsi setelah makan, di meja makan, dan letakkan suplemen lain di tempat mudah dilihat, agar Anda tidak lupa untuk mengonsumsinya.

Kesimpulan:
  • Banyak yang mengatakan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi vitamin adalah pada siang dan sore hari.
  • Konsumsi vitamin boleh dilakukan kapan saja namun tetap dalam batasan normal yang mampu diterima oleh tubuh.
  • Berbagai sumber vitamin tidak harus Anda dapatkan dari multivitamin, namum bisa dari sumber hewani dan tumbuhan.


Source: here, here & here

No comments: